Sesuai peraturan yang berlaku, website ini hanya bisa diakses oleh pengunjung yang berumur 18 tahun keatas.

welcome age restriction

Situs ini memilki informasi mengenai produk yang mengandung tembakau dan hanya diperuntukkan bagi perokok berusia 18 tahun ke atas yang tinggal di Indonesia.

Mohon isi bulan dan tahun lahir anda.

0%
banner

Perjalanan Menjadi Reporter

Beberapa cita-cita populer saat kecil boleh jadi adalah dokter dan polisi, tidak banyak orang yang ingin bercita-cita saat besar menjadi jurnalis, terutama reporter. Namun, siapa sangka Ardhia Pramesti Regita Larasati justru bercita-cita menjadi seorang reporter dan untuk bisa mencapai, anak tunggal tersebut mengambil jurusan komunikasi di Kampus Kuning. Tidak tanggung-tanggung, Ardhia bahkan lulus dengan IPK yang sangat memuaskan. 

Usai lulus kuliah, Ardhia tidak langsung menjadi reporter dan memulai karier di dunia broadcasting sambil terus menyimpan asa. Akhirnya, Ardhia memutuskan menjadi menjadi reporter untuk menggali potensi diri dan mencari pengalaman yang nggak bisa didapat bahkan dibeli di pekerjaan manapun. 

"Pengalaman menjadi seorang reporter is one of a kind. Bertemu banyak orang dengan berbagai macam latar belakang, berkunjung ke tempat yang tidak pernah dikunjungi orang lain, hingga menyaksikan momen bersejarah," jelas Ardhia. 

Meski begitu tidak ada hal yang selalu berjalan mulus, Ardhia juga harus mengalami berbagai dinamika, tidak terkecuali jam kerja yang tidak teratur hingga harus pergi keluar kota dan pedalaman yang sulit mendapatkan sinyal. 

"Mungkin salah satu kendalanya mencari lokasi dan narasumber yang sesuai dengan kebutuhan program. Saat itu saya ditempatkan di program semi dokumenter yang meliput tentang desa terpencil dan tertinggal. Sehingga saya harus mencari informasi langsung dari first person point of view, misalkan kepala desa atau warga desa," kenang perempuan yang hobi kuliner tersebut.  

Di sisi lain, Ardhia masih merasa beruntung karena jaringan teman-teman jurnalis sangat banyak dan membantunya melakukan tugas tersebut. Risiko lainnya, berkurangnya waktu dengan keluarga dan teman karena jam kerja yang cukup fleksibel, bukan pukul 9 hingga pukul 17. Ditambah liputan ke luar kota selama berhari-hari dengan minimal 10 hari. 

"Pastinya waktu bekerja reporter tidak seperti pekerja pada umumnya atau mengikuti office hours. Namun, akan selalu ada waktu libur yang bisa digunakan untuk kumpul dengan keluarga dan teman-teman," ungkap perempuan berzodiak Sagitarius itu. 

Untungnya, sebagai reporter Ardhia sudah terbiasa untuk bisa cepat beradaptasi. Dia menjelaskan kalau sebagai seorang reporter dibutuhkan adaptation skill yang cepat karena "each day is always a new task". Menurutnya, bukan pekerjaannya yang baru, tapi orang yang dihadapi, topik yang dibahas, dan tempat yang dikunjungi selalu baru. 

"Contohnya, saat saya liputan di sebuah desa terpencil di jawa barat, disana sangat sulit sinyal dan cukup menyulitkan saya untuk berkomunikasi dengan keluarga. Saya pun mencari cara dan berbicara dengan warga setempat untuk mencari sinyal. Akhirnya saya diantar ke atas bukit dimana warga desa biasa mendapat sinyal. Keahlian dan cara berkomunikasi juga sangat dibutuhkan di pekerjaan ini," tegas Ardhia.

Di usia yang masih sangat muda, Ardhia mengakui kalau jam terbangnya masih sedikit, namun perempuan yang kini banyak menghabiskan waktu untuk menonton itu tetap merasa bersyukur dengan apa yang sudah dicapainya. Ditambah lagi, Ardhia juga sangat cinta dengan pekerjaannya yang menurutnya, memiliki dampak langsung dan nyata. 

"Menurut saya pekerjaan ini membuat impact yang cukup berarti dan nyata. Terutama dalam pembangunan bangsa dan manusianya. Ini salah satu hal yang memotivasi saya untuk terus bekerja keras," kata Ardhia. 

Adapun bagi rekan-rekan dan anak muda di luar sana, Ardhia berpesan agar jangan takut memiliki karier meski tidak biasa. Pasalnya, karier apapun yang dipilih pasti memiliki risiko yang harus dihadapi. Yuk ambil risiko sambil tetap #santaitapiberisi

Casualogue#SantaiTapiBerisi

close popup
join the club
Isi data dibawah ini untuk panduan terkini hidup Santai Tapi Berisi!