Sesuai peraturan yang berlaku, website ini hanya bisa diakses oleh pengunjung yang berumur 18 tahun keatas.

welcome age restriction

Situs ini memilki informasi mengenai produk yang mengandung tembakau dan hanya diperuntukkan bagi perokok berusia 18 tahun ke atas yang tinggal di Indonesia.

Mohon isi bulan dan tahun lahir anda.

0%
banner

5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Sejak Dini

Cara menjaga kesehatan jantung wajib sekali diketahui semua orang, sekali pun masih muda. Jangan salah, banyak lho yang usia masih muda tapi memiliki penyakit jantung dan harus bolak-balik rumah sakit setiap minggu.

Walau pada dasarnya penyakit jantung lebih rentan menyerang usia lanjut, tapi sebenarnya karena pola hidup tidak sehat selama masih muda. Karena itulah walau masih muda sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Lalu, apa saja cara menjaga kesehatan jantung yang baik dan benar? Berikut ulasan lengkapnya.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Penyebab penyakit jantung biasa terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat. Mulai dari kurang olahraga dan pola makan yang tidak sehat. Kebiasaan yang berulang tersebutlah yang akhirnya memberikan beragam penyakit, termasuk salah satunya adalah penyakit jantung.

Konsumsi Lemak Sehat

Selama ini lemak identik dengan sesuatu yang buruk, atau lebih tepatnya sebagai penyebab kenaikan berat badan dan masalah lain. Nyatanya, tubuh manusia tetap membutuhkan yang namanya lemak, lho.

Tapi, ada satu jenis lemak yang harus dihindari yakni lemak trans, yang biasa ditemukan di makanan ringan, makanan cepat saji, dan beberapa jenis makanan dengan pengolahan yang tidak sehat. Untuk menjaga kesehatan jantung maka yang harus dilakukan adalah mengurangi konsumsi lemak trans.

Menghindari Rokok

Makna dari menghindari rokok di sini adalah sebisa mungkin untuk tidak jadi perokok, baik aktif atau pasif karena keduanya sama saja. Hal ini karena racun dalam asap rokok menyebabkan kerusakan pembuluh darah jantung, dan semakin lama maka aliran jantung akan semakin terganggu.

Saat jantung terganggu, maka bersiaplah dengan beragam penyakit lain yang juga akan mengerogoti tubuh secara perlahan.

Melakukan Aktivitas Fisik

Yang harus dilakukan selanjutnya adalah melakukan aktivitas fisik secara rutin. Kamu bisa memilih untuk jogging di pagi hari selama 20 atau 30 menit setiap harinya. Atau kalau kamu belum terbiasa, latihlah tubuh secara perlahan. Tidak perlu langsung melakukan aktivitas fisik yang berat, sedikit tidak masalah asal rutin.

Selain melakukan jogging, masih ada banyak jenis olahraga lain yang akan membuat kerja jantung semakin sehat. Naik turun tangga juga termasuk, kok.

Menjaga Kadar Gula Darah

Konsumsi gula yang tinggi tidak hanya rentan terkena diabetes, tapi juga penyakit jantung. Hal tersebut karena kadar gula yang tinggi bisa merusak pembuluh darah dan saraf yang ada di jantung. Sudah jelas, untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengendalikan konsumsi gula tiap harinya.

Selain menjaga asupan gula, jangan lupa untuk rutin melakukan pemeriksaan kadar gula, ya. Karena bisa jadi kadar gula naik tanpa dirasa.

Istirahat Cukup

Istirahat yang cukup juga sangat penting untuk dilakukan. Usahakan untuk mendapatkan istirahat 7-8 jam tiap hari. Perlu kamu ketahui kalau kurang istirahat juga bisa meningkatkan resiko terkena berbagai macam penyakit, tidak hanya jantung saja.

Karena itulah istirahat menjadi hal yang tidak kalah pentingnya selain berbagai makanan yang dikonsumsi.

Nah, itulah beberapa tips untuk cara menjaga kesehatan jantung sejak dini yang tepat dan benar. Jantung yang sehat juga menjadi indikasi tubuh yang sehat pula.

Jangan lupa untuk selalu menerapkan pola hidup sehat sejak dini.

Sekian informasi ini, dan semoga menjadi informasi yang bermanfaat. Jangan lupa juga untuk berbagi informasi kesehatan ini di sosial media milik kamu.

close popup
join the club
Isi data dibawah ini untuk panduan terkini hidup Santai Tapi Berisi!