Sesuai peraturan yang berlaku, website ini hanya bisa diakses oleh pengunjung yang berumur 18 tahun keatas.

welcome age restriction

Situs ini memilki informasi mengenai produk yang mengandung tembakau dan hanya diperuntukkan bagi perokok berusia 18 tahun ke atas yang tinggal di Indonesia.

Mohon isi bulan dan tahun lahir anda.

0%
banner

Cara Mengatur Jam Istirahat Sewaktu WFH

Cara Mengatur Jam Istirahat Sewaktu WFH

Cara mengatur jam istirahat sewaktu WFH kini menjadi sesuatu yang sangat penting. Dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini, banyak sekali perusahaan yang menerapkan sistem kerja dari rumah atau WFH. Sebagai salah satu orang yang mengalami hal tersebut, apakah anda sudah paham betul cara mengatur jam istirahat sewaktu WFH?

WFH atau bekerja di rumah memang terdengar mengasyikkan, tapi ternyata banyak orang yang justru kesulitan mengatur jam kerja dan akhirnya pekerjaan menjadi berantakan. Cara mengatur jam istirahat sewaktu WFH juga menjadi sesuatu yang sering terlupa begitu saja.

Dengan melakukan semua di rumah, maka batasan antara tempat kerja dan tempat istirahat menjadi samar. Dan hal ini kerap dialami oleh banyak orang, terlebih mereka yang baru mencoba untuk bekerja dari rumah.

Jangan salah, istirahat juga menjadi salah satu poin penting ketika anda melakukan WFH, karena apabila jam istirahat anda sedang kacau, maka motivasi berupa inspirasi hidup untuk bekerja juga akan kurang. Tidak hanya itu saja, setelah jam istirahat berantakan, maka anda juga akan mengalami beberapa gangguan kesehatan dalam waktu dekat.

Pastinya anda tidak mau bukan mengalami hal tersebut? Dan sudah dipastikan anda ingin melakukan pekerjaan di rumah layaknya sedang bekerja di kantor dan pekerjaan tetap selesai pada waktunya. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kali ini kami akan berbagi beberapa cara mengatur jam istirahat sewaktu WFH. Ingat, pembahasan kali ini akan fokus pada pengaturan jam istirahat saja.

Untuk lebih jelas mengenai pembahasan ini, anda bisa mengikuti artikel yang sudah kami rangkum ini dan semoga menjadi sebuah informasi yang bermanfaat untuk anda yang saat ini sedang melakukan WFH atau bekerja dari rumah.

Cara Mengatur Jam Istirahat Sewaktu WFH

Mungkin anda sudah sering membaca sebuah pembahasan mengenai cara mengatur jam kerja saat WFH. Tapi kali ini kami tidak akan membahas hal tersebut, kami akan fokus mengenai bagaimana cara mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas dengan pekerjaan tetap jalan saat anda bekerja dari rumah.

Buat Ritual Yang Menjadi Penanda Awal Dan Akhir Hari

Cara mengatur jam istirahat sewaktu WFH yang pertama adalah membuat sebuah ritual untuk menjadi penanda awal hari dan akhir hari. Karena anda sedang WFH, banyak sekali orang yang bangun tidur setiap harinya hanya berjarak beberapa menit saja sebelum jam kerja dimulai, hal ini tentu sangat tidak baik.

Karena alasan tersebut, maka berilah diri anda waktu sebelum mulai bekerja, hal yang sama juga berlaku setelah anda selesai dengan pekerjaan yang sudah anda lakukan selama seharian penuh.

Jangan pernah untuk membiarkan diri anda bekerja sampai larut malam, apabila memang pekerjaan belum selesai maka ada yang salah dengan jam kerja yang anda lakukan pada siang hari. Walau bekerja di rumah tapi sangat tidak disarankan untuk bekerja tiada henti, bahkan hingga larut malam.

Untuk menghindari pekerjaan sampai larut malam, maka anda juga harus tetap bekerja dengan maksimal walau sedang dalam rumah. Banyak sekali orang yang terlena dengan embel-embel bekerja di rumah, padahal ketika bekerja di rumah, anda juga tetap harus menyelesaikan pekerjaan tepat waktu sama seperti ketika bekerja di kantor.

Mengatur Jam Kerja Produktif

Cara mengatur jam istirahat sewaktu WFH tentu saja dengan mengatur jam kerja produktif. Ketika anda tidak bisa memanfaatkan jam kerja produktif dengan maksimal, maka anda juga tidak akan bisa mendapatkan jam istirahat dengan maksimal pula.

Untuk menyiasati hal tersebut, maka apabila memang sudah masuk jam kerja ya anda harus bekerja dengan penuh produktif, bukan hanya sekedar bekerja dengan santai. Walau memang anda tidak harus seterusnya penuh tenaga, tapi sangat penting menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin agar nantinya anda tidak bekerja saat malam hari seperti yang sudah dibahas sebelumnya.

Kurangi Distraksi

Cara mengatur jam istirahat sewaktu WFH berikutnya adalah dengan sebisa mungkin mengurangi berbagai macam gangguan. Karena saat bekerja di rumah, berbagai macam godaan sekaligus gangguan yang akan anda alami semakin besar.

Contoh kecil yang sering terjadi adalah notifikasi dari sosial media. Dengan jarak yang sangat dekat dan tidak ada pengawasan, maka anda bisa membuka sosial media senyaman mungkin. Sekali membuka sosial media, waktu terasa cepat berlalu dan tidak disangka anda melakukan hal tersebut terus menerus sampai beberapa jam.

Dan apa yang akan terjadi setelahnya? Tentu saja waktu terbuang percuma dan pekerjaan menjadi terlambat selesai. Untuk mengatasi hal tersebut, pada dasarnya ada banyak cara. Kalau memang gangguan yang anda alami adalah dari smartphone, maka anda bisa menggunakan fitur Do Not Distrub. Dengan menggunakan fitur tersebut, maka beberapa aplikasi bisa anda cegah untuk tidak memberikan notifikasi pada jam yang sudah anda atur sebelumnya.

Tapi kalau gangguan anda terjadi karena faktor lain, misalnya keluarga atau yang lain. Maka cobalah untuk mencari tempat bekerja yang lebih nyaman dan minim gangguan walau masih dalam rumah anda. 

Pisahkan Ruang Kerja Dan Istirahat

Cara mengatur jam istirahat sewaktu WFH dengan memisahkan ruang untuk kerja dan ruang untuk istirahat adalah sesuatu yang sangat penting. Walau masih satu rumah, kalau sudah beda ruang maka suasana juga akan terasa berbeda.

Sebisa mungkin hindari untuk bekerja di kamar atau tempat tidur, terlebih apabila anda bekerja di atas kasur. Hal tersebut hanya akan menghambat pekerjaan yang anda lakukan. Dengan hambatan tersebut maka pekerjaan tentu akan lebih lama untuk bisa anda selesaikan.

Dengan memisahkan ruang antara tempat bekerja dan tempat tidur, walau tempat tidur lebih kecil. Hal tersebut akan memberikan suasana yang berbeda dan anda akan lebih termotivasi. Ketika anda termotivasi maka bekerja walau seharian penuh akan terasa menyenangkan.

Tidak hanya memberikan motivasi tapi memisahkan kedua ruang tersebut juga akan memberikan waktu istirahat yang maksimal. Anda akan mendapatkan suasana yang berbeda saat bekerja dan saat istirahat, walau itu masih dalam lingkungan rumah yang sama yakni rumah anda sendiri tapi hal tersebut sangat penting untuk anda perhatikan.

Merawat Diri Layaknya Bekerja Kantor

Cara mengatur jam istirahat sewaktu WFH selanjutnya adalah melakukan perawatan diri layaknya anda sedang bekerja di kantor dan bertemu dengan banyak orang atau rekan kerja anda. Hal ini akan memberikan anda motivasi yang lebih dan membuat pekerjaan tersebut menyenangkan.

Dengan begitu, maka proses bekerja akan berjalan layaknya anda sedang berada di kantor. Anda bisa mulai dengan mandi pada jam yang sama dan memakai parfum seperti biasanya. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan tempat anda bekerja.

Ada banyak sekali cara mengatur jam istirahat sewaktu WFH yang bisa anda sesuaikan dengan pekerjaan dan rutinitas anda selain bekerja. Sekian dan semoga membantu.

close popup
join the club
Isi data dibawah ini untuk panduan terkini hidup Santai Tapi Berisi!