Sesuai peraturan yang berlaku, website ini hanya bisa diakses oleh pengunjung yang berumur 18 tahun keatas.

welcome age restriction

Situs ini memilki informasi mengenai produk yang mengandung tembakau dan hanya diperuntukkan bagi perokok berusia 18 tahun ke atas yang tinggal di Indonesia.

Mohon isi bulan dan tahun lahir anda.

0%
banner

MANFAAT MUSIK SEBELUM TIDUR

Mendengarkan musik sudah umum dipercaya punya berbagai manfaat, terutama manfaat psikologis. Gak heran kalo musik masih menjadi hobi dari banyak orang di seluruh dunia. Namun, musik punya manfaat kesehatan tersendiri kalo didengarkan sebelum tidur lho! Berikut Casualogue rangkum beberapa manfaat yang bisa didapat dari mendengarkan musik sebelum tidur.

1. Meningkatkan kualitas tidur

Studi yang dilakukan oleh Sleep Advisor menemukan bahwa mendengarkan musik sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur dan membuat tidur lebih nyenyak. Manfaat musik yang membuat kita lebih rileks juga menjadi faktor penting, karena dengan tubuh yang rileks, seseorang akan lebih mudah untuk tidur.

Durasi musik yang direkomendasikan untuk memaksimalkan manfaat musik sebelum tidur adalah 45 menit. Disarankan untuk mendengarkan musik yang merdu dan menenangkan supaya pikiran lebih tenang.

2. Memberikan rasa bahagia

Dari studi yang sama, peneliti menemukan bahwa mendengarkan musik bisa merangsang tubuh mengeluarkan hormon dopamin yang dapat meningkatkan rasa bahagia seseorang. Rangsangan tersebut lebih efektif sebelum tidur, karena tidak lagi beraktivitas banyak, sehingga peningkatan rasa bahagia lebih efektif.

Peningkatan rasa bahagia sebelum tidur memiliki dampak psikologis yang positif, seperti mengurangi stress, depresi, ataupun kemungkinan mimpi buruk yang dapat mengganggu tidur seseorang.

3. Memperkuat daya ingat

Musik memang sudah dipercaya dapat meningkatkan kinerja otak dan memperkuat ingatan, terutama ketika didengar sambil melakukan aktivitas seperti belajar. Penelitian membuktikan bahwa efektivitas tersebut dapat ditingkatkan saat tidur, sehingga mendengarkan musik sangat disarankan jika seseorang sering belajar atau bekerja sebelum tidur.

Konsentrasi meningkat jika kita mendengarkan musik, ditambah dengan manfaat tidur terhadap memori, ingatan akan menjadi lebih tajam. Dengan demikian, materi belajar atau kerja tidak hanya lebih mudah terserap saja, namun bisa bertahan lebih lama.

Demikian manfaat mendengarkan musik sebelum tidur. Semoga bermanfaat dan bikin tidur loe lebih baik ya! Selamat mencoba!

close popup
join the club
Isi data dibawah ini untuk panduan terkini hidup Santai Tapi Berisi!