Sesuai peraturan yang berlaku, website ini hanya bisa diakses oleh pengunjung yang berumur 18 tahun keatas.

welcome age restriction

Situs ini memilki informasi mengenai produk yang mengandung tembakau dan hanya diperuntukkan bagi perokok berusia 18 tahun ke atas yang tinggal di Indonesia.

Mohon isi bulan dan tahun lahir anda.

0%
banner

TIPS HILANGIN BURNOUT HOBI

Pernah gak sih kita merasa bosen ngerjain sesuatu, padahal itu adalah hobi atau aktivitas yang seharusnya kita sukai atau minati? Tiba-tiba merasa malas dan tidak termotivasi mengerjakan “passion” kita sendiri? Itulah burnout.

Burnout bisa terjadi pada aktivitas apa saja, tidak sekedar hobi ataupun “passion” belaka. Burnout bisa juga terjadi pada pekerjaan atau rutinitas tertentu. Yang pastinya, burnout bakal berdampak buruk pada performa kita dalam melakukan aktivitas ataupun hobi, jadi kita harus bisa mencegahnya sebisa mungkin.

Namun, kalau sudah terlanjur burnout, ada tips-tips yang bisa dicoba buat hilangin burnout kalian supaya bisa kembali menjalankan hobi tanpa hambatan. Berikut Casualogue bagiin tips-tipsnya:

Rotasi aktivitas rutin

Melakukan satu aktivitas secara terus-menerus dalam kurun waktu yang lama adalah cara paling cepat membuat kalian merasa bosan dalam mengerjakan aktivitas tersebut, terutama jika aktivitas tersebut adalah hobi kita sendiri. Ada baiknya aktivitas dilakukan secara rotasi agar tidak mudah bosan.

Jika bisa, rotasi aktivitas tersebut juga dapat diganti secara berkala. Ganti satu atau dua aktivitas dengan aktivitas yang lain dalam rotasi tersebut. Dengan demikian, rotasi tersebut akan lebih menarik, dan kita akan lebih kebal terhadap burnout.

Tips tersebut juga dapat diterapkan dalam pekerjaan, terutama jika ada beragam tugas berbeda yang harus dikerjakan. Dengan demikian, pekerjaan akan lebih tidak membosankan.

Ganti atau tambah hobi

Jika rotasi masih belum cukup ampuh, maka hobi juga bisa diganti atau ditambah. Biasanya orang-orang tidak hanya memiliki satu hobi saja, melainkan dua atau lebih. Jika merasa bosan dengan satu hobi, bisa diganti atau ditambah dengan hobi lain.

Untuk menghindari burnout yang terlalu cepat pada aktivitas baru, disarankan untuk menekuni hobi yang berbeda drastis dengan hobi lama. Misalnya, jika bosan bermain video game, hindari hobi yang hampir serupa seperti menonton TV, dan sebaiknya mencari hobi lain yang jauh berbeda seperti yoga atau olahraga.

Hiatus sementara

Jika tips-tips sebelumnya masih tidak bekerja, sebaiknya mundur dan istirahat terlebih dahulu. Ada baiknya berhenti dari hobi atau aktivitas yang dirasa “membosankan”. Berhenti sementara merupakan cara terbaik untuk menghilangkan “burnout”.

Kelak, akan ada saat di mana gairah terhadap hobi bakal muncul kembali. Disitulah kalian sudah tidak mengalami burnout lagi. Saat itulah kalian sudah boleh kembali menggeluti hobi kalian dengan semangat baru.

Pasang goal baru

Salah satu hal yang membuat hobi tidak membosankan adalah adanya arah dan tujuan yang ingin dicapai. Jika hobi hanya dilakukan untuk sebatas mengisi waktu luang tanpa ada tujuan yang jelas, maka kita akan lebih cepat mengalami burnout.

Sebagai contoh, jika hobi main piano, buatlah goal seperti menguasai lagu tertentu atau harus menguasai sejumlah lagu dalam jangka waktu yang diinginkan. Jika hobi main video game, pasang tujuan seperti menamatkan game dengan kondisi tertentu atau mendapatkan achievement langka.

Dengan adanya tujuan, hobi jadi lebih terarah dan bermanfaat (#SantaiTapiBerisi), dan dengan demikian, akan lebih sulit untuk merasa bosan. Plus, jika goalnya sudah dicapai, kalian bisa menambah tujuan baru agar semakin berkembang dan tidak bosan.

Itulah tips buat hilangin burnout hobi ala Casualogue. Selamat mencoba!

close popup
join the club
Isi data dibawah ini untuk panduan terkini hidup Santai Tapi Berisi!