Sesuai peraturan yang berlaku, website ini hanya bisa diakses oleh pengunjung yang berumur 18 tahun keatas.

welcome age restriction

Situs ini memilki informasi mengenai produk yang mengandung tembakau dan hanya diperuntukkan bagi perokok berusia 18 tahun ke atas yang tinggal di Indonesia.

Mohon isi bulan dan tahun lahir anda.

0%
banner

TIPS JAGA KESEHATAN SAAT PUASA

Di bulan puasa ini, umat muslim harus menahan rasa lapar dan haus. Oleh karena itu, tantangan untuk menjaga kesehatan pun juga meningkat.

Berikut Casualogue bagi tips untuk menjaga kesehatan saat bulan puasa.


1. Makan Yang Berserat

Makanan saat sahur sangat berpengaruh pada kekuatan seseorang dalam menjalankan puasa. Untuk itu, selain makanan pokok, perbanyak makanan yang berserat tinggi seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

Lambung manusia sulit untuk mencerna serat. Karena itu, serat akan tinggal dalam waktu yang lama di lambung. Selain menyehatkan, serat juga akan membantu mengurangi rasa lapar, sehingga sayur-sayuran dan buah-buahan sangat disarankan untuk dikonsumsi saat sahur.


2. Bangun Tepat Waktu

Membiasaka diri untuk bangun lebih awal mungkin sulit. Tapi lama-lama akan terbiasa. Selain itu, bangun pagi adalah sesuatu yang HARUS dilakukan agar tidak ketinggalan sahur. Terlambat sahur sangat fatal hingga dapat berakibat pada batalnya puasa.

Tidur lebih awal merupakan hal yang umum jika ingin bangun lebih awal juga. Jika kesulitan bangun lebih awal, memasang alarm berlapis atau berkali-kali dapat menjadi solusinya.


3. Minum Yang Banyak

Saat puasa, tubuh tidak akan mendapatkan asupan cairan selama seharian, sehingga rentan akan dehidrasi. Oleh karena itu, minum air yang banyak saat sahur agar kebutuhan cairan tubuh bisa terpenuhi selama puasa.

Saat berbuka, minuman isotonik sangat disarankan untuk mempermudah penyerapan dan penggantian cairan tubuh yang hilang saat puasa. Dengan demikian, cairan tubuh akan tetap optimal.


4. Lakukan Aktivitas Fisik Ringan

Kehilangan asupan energi saat puasa bakal buat tubuh menjadi lemas. Tapi ada baiknya jika tubuh dibiasakan untuk tetap beraktivitas, dengan catatan bahwa aktivitas yang akan dilakukan adalah yang ringan ringan. Dengan demikian, kesehatan tubuh tetap terjaga.

Selain itu, menjaga aktivitas saat puasa juga akan mempersiapkan tubuh saat tiba-tiba harus melakukan kegiatan tertentu. Jika aktivitas tidak dijaga, tubuh akan “terbiasa” lemas dan tidak akan kuat dalam berkegiatan.


Itulah tips-tips menjaga kesehatan berpuasa ala Casualogue. Semoga bermanfaat ya!




close popup
join the club
Isi data dibawah ini untuk panduan terkini hidup Santai Tapi Berisi!