Sesuai peraturan yang berlaku, website ini hanya bisa diakses oleh pengunjung yang berumur 18 tahun keatas.

welcome age restriction

Situs ini memilki informasi mengenai produk yang mengandung tembakau dan hanya diperuntukkan bagi perokok berusia 18 tahun ke atas yang tinggal di Indonesia.

Mohon isi bulan dan tahun lahir anda.

0%
banner

TIPS JALANIN PUASA ALA CASUALOGUE

Bulan puasa sudah datang, dan sudah waktunya bagi umat muslim untuk beribadah dengan menahan lapar, dahaga, dan hawa nafsu seharian. Tapi puasa sendiri menjadi tantangan bagi diri masing-masing, terutama lapar dan dahaga, karena makan dan minum merupakan kebutuhan primer dan penting. Menahan kebutuhan utama bukan hal yang mudah lho!

Untuk itu, Casualogue bakal bagi-bagi tips buat berpuasa secara casual. Tips-tips ini bisa bermanfaat buat mempermudah ibadah puasa secara sehat lho. Berikut tipsnya:

Hindari melakukan aktivitas berlebih

Ada alasan mengapa profesi-profesi berat seperti petani dan atlet diperbolehkan untuk tidak puasa, atau diwajibkan untuk mengganti puasanya. Hal ini dikarenakan profesi-profesi tersebut merupakan pekerjaan berat yang mengonsumsi banyak tenaga, sehingga pekerja diperbolehkan untuk tidak puasa.

Namun, jika profesi yang dijalani adalah profesi yang tidak memakan tenaga dalam jumlah berlebih, maka puasa masih dapat dijalankan seperti biasa. Karena selama puasa tidak ada intake energi seharian, maka menjaga dan menghemat energi sangatlah penting. Untuk itu, hindari aktivitas yang dianggap terlalu melelahkan, terutama jika aktivitas tersebut tidak penting. Lakukanlah hal yang lebih penting dan lebih bermanfaat seperti mengerjakan tugas atau kerjaan, melakukan kegiatan sosial, dan lain sebagainya.

Selain itu, jika ingin berolahraga saat berpuasa, lakukan olahraga ringan yang tidak terlalu melelahkan.

Bangun dan tidur secara teratur

Kalo bangun pagi agar gak ketinggalan sahur memang udah wajib. Tapi, kalo tidur gak teratur bisa jadi kita telat sahur dan gak bisa start puasa dengan baik. Ujung-ujungnya, batal puasa karena lemas dan gak kuat.

Tidur teratur adalah kunci supaya bisa bangun pagi buat sahur. Selain agar gak ketinggalan sahur, tidur teratur juga penting dalam menjaga tenaga tubuh kita. Meskipun kita bisa bangun pagi untuk sahur, namun jika kita tidak cukup tidur, maka tubuh kita juga akan merasa lemas. Hal ini tentu lebih buruk saat puasa, karena kita tidak akan mendapatkan asupan tenaga seharian.

Energi dari sahur saja tidak cukup untuk menjalankan aktivitas selama puasa. Energi dari tidur juga penting sebagai tenaga awal untuk menjalankan ibadah. Oleh karena itu, tidur secara teratur sangat penting untuk menjaga tenaga yang akan digunakan untuk memulai puasa.

Menjaga makan saat sahur dan buka

Slogan “Berbukalah dengan yang manis-manis” sebenarnya bukan slogan sembarangan. Slogan tersebut memang memiliki dasar tersendiri, apalagi ketika tubuh sudah kehilangan banyak karbohidrat selama puasa.

Meskipun demikian, bukan berarti kita boleh sembarangan mengonsumsi makanan yang manis-manis, apalagi secara berlebih. Ketika kita sudah kekurangan karbohidrat dari puasa, mengonsumsi gula secara berlebih dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan karena kadar gula yang naik secara mendadak dalam waktu yang singkat.

Gula yang baik dikonsumsi biasanya berasal dari buah-buahan. Itulah alasan mengapa buah kurma menjadi buah yang populer untuk berbuka puasa. Teh manis juga menjadi pilihan yang ramai dijadikan minuman berbuka, namun pastikan bahwa gulanya tidak berlebih.

Untuk sahur, menu yang direkomendasikan adalah makanan yang lebih sulit untuk dicerna, seperti gandum dan sayuran. Makanan-makanan tersebut dapat membuat kita kenyang lebih lama, sehingga cocok untuk dijadikan menu sahur untuk memulai puasa.

Demikian tips puasa dari Casualogue, semoga dapat bermanfaat dan membantu buat jalanin puasa lebih lancar dan mudah.

Hindari ribet, live casual.

close popup
join the club
Isi data dibawah ini untuk panduan terkini hidup Santai Tapi Berisi!