Sesuai peraturan yang berlaku, website ini hanya bisa diakses oleh pengunjung yang berumur 18 tahun keatas.

welcome age restriction

Situs ini memilki informasi mengenai produk yang mengandung tembakau dan hanya diperuntukkan bagi perokok berusia 18 tahun ke atas yang tinggal di Indonesia.

Mohon isi bulan dan tahun lahir anda.

0%
banner

Tips Membuat Plan di Tahun Baru

Kalau kita punya tujuan yang ingin kita capai, biasanya kita akan buat planning atau perencanaan untuk mencapai tujuan tersebut. Terkadang tujuan yang mau dicapai membutuhkan waktu yang lama, sehingga diperlukan planning yang benar-benar matang dan hati-hati.

Tahun baru adalah waktu yang paling tepat untuk melakukan planning. Awal tahun baru bisa dianggap sebagai permulaan yang baru, sehingga menjadi waktu yang tepat untuk mencanangkan rencana-rencana baru, terutama rencana-rencana yang akan berlangsung selama setahun.

Berikut Casualogue bagikan beberapa tips yang bisa digunakan ketika membuat planning di awal tahun baru.

TENTUKAN JANGKA WAKTU SETIAP PLANNING

Biasanya setiap planning memiliki jangka waktu yang berbeda-beda. Harus diketahui apakah sebuah planning membutuhkan perencanaan yang panjang dan teratur, atau tidak memerlukan waktu yang banyak, baik dalam persiapan ataupun pelaksanaan. Tahun baru merupakan waktu yang cocok untuk membuat planning sesuai jangka waktu, karena dengan memulai di awal tahun, jangka waktu planning lebih mudah untuk diatur.

Sebagai contoh, planning untuk tujuan-tujuan yang ambisius seperti fitness atau skripsi biasanya membutuhkan waktu yang lama, sehingga membutuhkan perencanaan jangka panjang yang teratur dan terjadwal. Sementara itu, ada planning-planning yang tidak membutuhkan waktu atau perencanaan yang lama dan dapat dilakukan secara spontan, seperti kegiatan liburan atau acara keluarga singkat.

SUSUN TINGKAT PRIORITAS PLANNING

Setiap planning pun memiliki tingkat prioritas yang berbeda beda, terlepas dari jangka waktu dari planning tersebut. Ada planning yang genting dan singkat, seperti tugas yang harus dikumpul dalam seminggu atau sebulan. Ada juga planning yang genting namun membutuhkan waktu panjang, seperti skripsi atau proyek kerja yang bisa memakan waktu berbulan-bulan.

Prioritas planning perlu dipertimbangkan agar kita mengetahui mana planning yang perlu dijalankan terlebih dahulu. Hal ini juga akan berguna kalau terjadi faktor-faktor di luar dugaan yang menyebabkan beberapa planning tidak dapat dijalankan secara bersamaan, sehingga salah satu planning harus didahulukan.

SIAPKAN PLAN B

Tidak ada hal yang pasti, termasuk planning. Tidak semua rencana bisa berjalan lancar 100% tanpa halangan, terutama jika halangan tersebut berasal dari faktor-faktor di luar dugaan. Kadang halangan-halangan yang ada, tidak hanya menghambat planning yang sudah dibuat dengan matang, tapi juga bisa langsung menghentikan rencana tersebut.

Oleh karena itu, buatlah rencana-rencana cadangan untuk berjaga-jaga jika planning yang sudah dibuat sebelumnya tidak berjalan lancar. Dengan demikian, planning yang ada, tidak sepenuhnya batal. Selain itu, antisipasi juga berbagai faktor yang dapat menghambat planning jangka panjang, agar pembuatan rencana cadangan juga bisa lebih baik.

JANGAN MENUMPUK PLANNING

Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, termasuk planning. Terkadang kita terlalu bersemangat dan ambisius, terutama di awal tahun, dan membuat planning sebanyak mungkin. Namun, kemampuan manusia itu terbatas, dan tidak semua yang kita rencanakan akan terwujud sepenuhnya.

Ada baiknya planning dilakukan secara berkala dan perlahan. Sebagai contoh, ketika ada planning yang direncanakan untuk pertengahan tahun, kalian hanya perlu membuat garis besar planningnya dulu, prioritaskanlah rencana yang ingin kalian mulai di awal tahun dulu agar tidak menumpuk dan terarah.

Demikian tips-tips yang ditawarkan Casualogue. Semoga dapat membantu planning kalian di tahun yang baru ini.

Selamat tahun baru 2022, Live Casual dan tetap #SantaiTapiBerisi !

close popup
join the club
Isi data dibawah ini untuk panduan terkini hidup Santai Tapi Berisi!