Sesuai peraturan yang berlaku, website ini hanya bisa diakses oleh pengunjung yang berumur 18 tahun keatas.

welcome age restriction

Situs ini memilki informasi mengenai produk yang mengandung tembakau dan hanya diperuntukkan bagi perokok berusia 18 tahun ke atas yang tinggal di Indonesia.

Mohon isi bulan dan tahun lahir anda.

0%
banner

TIPS MENGHEMAT UANG DI AKHIR BULAN ALA CASUALOGUE

Uang sudah menjadi materi yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan juga untuk membeli barang dan jasa yang kita inginkan.

Sudah menjadi hal yang umum dan lumrah kalau kita kebablasan dalam mengatur pengeluaran. Seringkali kita terlalu boros dalam menghabiskan uang hingga kita lupa akan kebutuhan kita yang lainnya.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kita mengatur strategi agar bisa menekan pengeluaran kita. Berikut ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghemat uang secara kasual :

Batasi uang yang ada di dompet

Hal ini mungkin terlihat sepele, namun ada pengaruh psikis dari jumlah uang yang tersedia di dompet terhadap keinginan kita untuk membeli barang. Biasanya kita tidak akan pikir panjang untuk membeli sesuatu secara spontan jika kita tahu uang di dompet kita banyak. Namun, pemikiran seperti ini yang justru sering membuat kita menjadi boros.

Ada kalanya kita hanya perlu menyimpan uang secukupnya dalam dompet kita. Dengan demikian, ketika kita ingin membeli sesuatu secara spontan, kita juga akan berpikir tentang budget yang tersedia terlebih dahulu. Jumlah uang yang lebih sedikit di dompet kita juga akan mencegah kita untuk membeli barang-barang dengan harga tinggi secara spontan tanpa perencanaan terlebih dahulu.

Namun, jangan sampai kita menaruh uang yang terlalu sedikit dalam dompet. Bisa jadi kita akan mengalami situasi darurat yang membutuhkan uang yang cukup besar.

Tetapkan batas pengeluaran per hari

Cara efektif lainnya adalah mengatur batas uang yang keluar per hari. Cara ini ampuh digunakan oleh mahasiswa yang sedang merantau atau sering makan di luar rumah. Tetapkan batas pengeluaran rata-rata setiap harinya. Batas yang ditetapkan akan membuat kita untuk berpikir dua kali jika kita berencana untuk menghabiskan uang melebihi batas tersebut.

Tetapkan batas pengeluaran setiap belanja

Cara ini lebih efektif digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga atau orang yang sering berbelanja, baik ke pasar, supermarket, maupun mall. Setiap kali ingin berbelanja dalam skala besar, tetapkan batas maksimal pengeluaran sesuai dengan budget yang tersedia.

Hal ini penting dikarenakan saat berbelanja, seringkali kita terdorong atau terbujuk untuk membeli barang-barang yang sebenarnya di luar rencana belanja. Akibatnya, pengeluaran justru jauh melebihi yang direncanakan.

Susun prioritas kebutuhan

Untuk menghemat pengeluaran, perlu diketahui kebutuhan apa yang perlu diprioritaskan terlebih dahulu. Jika budget kita terbatas, hal ini akan membantu kita untuk mengatur pengeluaran dengan mendahulukan kebutuhan yang lebih mendesak. Dengan demikian, kebutuhan yang tidak begitu mendesak dapat dibelakangkan, dan pengeluaran juga dapat lebih ditekan.

Begitulah tips-tips menghemat uang dari Casualogue. Semoga dapat membantu dalam berhemat dan meminimalisir pengeluaran.

Live Casual. #SantaiTapiBerisi

close popup
join the club
Isi data dibawah ini untuk panduan terkini hidup Santai Tapi Berisi!