Sesuai peraturan yang berlaku, website ini hanya bisa diakses oleh pengunjung yang berumur 18 tahun keatas.

welcome age restriction

Situs ini memilki informasi mengenai produk yang mengandung tembakau dan hanya diperuntukkan bagi perokok berusia 18 tahun ke atas yang tinggal di Indonesia.

Mohon isi bulan dan tahun lahir anda.

0%
banner

TIPS MENGHEMAT UANG ALA CASUALOGUE Part 2

Uang sudah menjadi materi yang sangat penting, dan dalam part 1, Casualogue udah kasih beberapa tips buat hemat uang dan menekan pengeluaran. Tapi kalo masih kurang puas, Casualogue ada beberapa tips lagi nih!

Selain tips-tips yang sudah dijelaskan kemarin, tips-tips tambahan ini juga bisa diterapkan biar duit gak cepat habis lho. Gak ada salahnya menerapkan strategi plus buat hemat duit.

Berikut ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghemat uang secara kasual. Tips-tipsnya antara lain sebagai berikut.

Bikin ambisi yang besar

Salah satu cara mengurangi pengeluaran adalah dengan membuat sebuah tujuan yang besar dalam menghemat uang tersebut. Buatlah tujuan besar yang memerlukan uang banyak, seperti membeli HP, laptop, motor, mobil, atau barang mewah lainnya. Tujuan besar lainnya dapat juga berupa modal bisnis, investasi, rumah baru, ataupun mahar nikah.

Dengan adanya ambisi besar, kita merasa bahwa kita memiliki maksud dan tujuan dalam menghemat uang, apalagi jika kita benar-benar menginginkan hal tersebut. Hal ini tentu memiliki pengaruh psikis ketika kita hendak mengeluarkan uang untuk hal-hal yang lebih kecil. Kita bakal berpikir dua kali dalam mengatur pengeluaran kita.

Sebaliknya, situasi akan berbeda jika kita tidak memiliki maksud dan tujuan yang besar untuk menghemat duit. Ketika tiba-tiba ada hasrat untuk membeli sesuatu, entah murah atau mahal, kita akan berpikir: “Ah, lagi gak ingin beli yang mahal-mahal kok, beli aja ya kan?” Tanpa ambisi besar, pola pikir ini bakal muncul terus setiap kali hasrat belanja muncul. Gak jadi hemat deh!

Pake celengan tradisional

Berbagai bentuk tabungan melalui bank dan uang elektronik sudah sangat menjamur. Tapi ada baiknya dalam berhemat, kita kembali ke celengan tradisional.

Kadang kalo kita menabung di bank atau dalam bentuk uang elektronik, hasrat belanja pun masih bisa bikin “bocor” tabungan kita (kecuali beberapa bentuk tabungan seperti deposito). Tiba tiba ingin belanja, jadinya transfer sini, transfer sana, ingin hemat tapi gak jadi.

Ada baiknya kita berhemat dengan menyimpan uang kertas ataupun recehan sedikit demi sedikit. Kalo bisanya sedikit-sedikit disarankan per hari, entah seribu, dua ribu, atau lima ribu. Kalo per minggu bisa ditingkatkan sampe seratus ribu.

Dalam hal ini, celengan yang disarankan adalah celengan tradisional yang sekali pakai, tidak bisa dibuka kecuali kalau dipecahkan. Kalo masih berhemat pake celengan gembok, bakal ada hasrat-hasrat dan bisikan-bisikan belanja yang bakal dorongin kita buat buka gemboknya padahal gak lagi darurat. Kalo celengan sekali pakai, hanya dipecahkan saat memang dirasa sudah cukup banyak duitnya atau dalam keadaan darurat.

Langsung nabung habis gajian

Ada baiknya saat gajian, sebagian gaji kita langsung ditabung. Jadi, kita tentukan berapa persentase gaji kita yang langsung masuk ke dalam tabungan, dan pastikan bahwa persentase tersebut tidak akan mengganggu pengeluaran kita yang lainnya, terutama untuk hal-hal penting seperti kebutuhan sehari-hari atau uang darurat.

Namun, tips ini hanya akan bekerja jika kita bisa, well, menahan nafsu agar tidak menarik uang tabungan kita secara prematur, apalagi jika kita memang berencana untuk menyimpan uang tersebut untuk hal-hal yang lebih besar atau mahal.

Begitulah tips-tips menghemat uang dari Casualogue. Semoga dapat membantu dalam berhemat dan menekan pengeluaran.

Live Casual.

close popup
join the club
Isi data dibawah ini untuk panduan terkini hidup Santai Tapi Berisi!