Sesuai peraturan yang berlaku, website ini hanya bisa diakses oleh pengunjung yang berumur 18 tahun keatas.

welcome age restriction

Situs ini memilki informasi mengenai produk yang mengandung tembakau dan hanya diperuntukkan bagi perokok berusia 18 tahun ke atas yang tinggal di Indonesia.

Mohon isi bulan dan tahun lahir anda.

0%
banner

Tips Tingkatkan Produktivitas WFH

Tips tingkatkan produktivitas WFH menjadi hal yang sangat penting untuk saat ini, terlebih pandemi yang belum habis dan juga pola hidup baru yang harus diterapkan. Anjuran dari Pemerintah untuk bekerja di rumah juga membuat banyak orang harus bisa membiasakan diri mengubah setiap rutinitas sehari-harinya. 

Anjuran tersebut diharapkan bisa menekan penyebaran Pandemi Covid-19. Demi menekan penyebaran Covid-19, maka banyak sekali perusahaan yang mengikuti anjuran untuk bekerja di rumah saja. Hal tersebut tentu terdapat sisi positif dan negatifnya bagi setiap orang. Dan, perlu diingat lagi kalau bekerja dari rumah haruslah sama ketika bekerja di kantor.

Setiap tugas yang diberikan harus selesai selayaknya bekerja di kantor, dan hal tersebut sudah pasti membutuhkan penyesuaian, terlebih untuk orang yang belum pernah bekerja dari rumah. Jangan salah, walau terlihat mudah ternyata cukup sulit lho mengubah kebiasaan untuk bekerja di rumah. Berbagai macam gangguan akan ada dan hal tersebut tidak bisa dihindari.

Untuk memastikan bisa mengatur waktu kerja dengan baik, mulai dari waktu untuk bekerja, dan juga kapan waktu untuk beristirahat, berikut ini kami akan berbagi tips tingkatkan produktivitas WFH. Penasaran seperti apa? Berikut ulasan lengkapnya:

Tetapkan jam kerja

Tips tingkatkan produktivitas WFH yang pertama adalah menetapkan jam kerja. Bekerja dari rumah atau WFH mungkin akan terdengar menyenangkan dan mudah tapi saat melakukan kegiatan tersebut secara berminggu-minggu akan terasa sangat membosankan. 

Dengan berbagai macam tekanan, anda harus tetap bertanggung jawab penuh atas pekerjaan. Untuk membuat suasana kerja yang kondusif ketika work from home, maka bisa memulainya dengan menerapkan jam kerja yang sama saat di kantor.

Dengan melakukan hal tersebut, maka diharapkan pekerjaan akan selesai tepat waktu sama ketika bekerja di kantor. Tentu penetapan jam kerja tersebut juga harus dibarengi dengan kedisiplinan, apabila tidak maka akan percuma saja.

Menyusun skala prioritas pekerjaan

Tips tingkatkan produktivitas WFH berikutnya adalah membuat skala prioritas dari pekerjaan yang ada. Banyaknya pekerjaan yang harus selesai akan membuat siapa saja terkadang lupa dengan apa yang harus didahulukan. Dengan alasan tersebut maka akan lebih baik untuk membuat pencatatan dengan Post-It Notes apa saja yang menjadi prioritas pekerjaan dan harus dilakukan hari ini.

Jadi sebelum memulai untuk bekerja, Anda harus menyusun skala prioritas pekerjaan terlebih dulu. Dengan melakukan hal tersebut, maka Anda bisa tahu pekerjaan mana yang harus dikerjakan lebih dulu dan yang bisa diselesaikan nanti.

Hal tersebut juga menghindari kegiatan yang “menumpuk” dan juga menjadikan pekerjaan tidak selesai dengan baik. Membuat prioritas pekerjaan juga bisa membantu anda memiliki ritme kerja yang lebih baik teratur dan juga manajemen waktu yang jauh lebih baik pula meskipun work from home. Jangan lupa untuk menghindari setiap hal yang di luar pekerjaan ketika saat jam bekerja.

Terapkan jam istirahat

Tips tingkatkan produktivitas WFH berikut ini mungkin akan terdengar menyenangkan, yakni menetapkan jam istirahat. Walau bekerja di rumah, Anda juga perlu untuk membuat jam istirahat, bekerja di rumah mungkin akan terkesan “santai” karena Anda bisa dengan mudah rebahan sehingga lupa jam untuk makan atau merilekskan mata dari laptop. Nah, untuk tetap produktif, maka Anda bisa lakukan hal sederhana yakni setelah bekerja 25 menit lakukan pula istirahat selama 5 menit saja. Ulang hal tersebut kurang lebih 4 kali, selanjutnya Anda bisa mengambil waktu istirahat yang mungkin agak panjang.

Selama waktu istirahat 5 menit, Anda juga bisa melakukan banyak hal lain. Istirahat yang baik dan cukup juga salah satu tujuan inspirasi hidup yang diimpikan banyak orang. Mulai dari mendengarkan musik, bermain game, baca buku, atau juga bisa melakukan peregangan ringan hingga ngemil. Selain untuk mengembalikan energimu, melakukan istirahat 5 menit juga bisa memberikan banyak sekali manfaat. Misalnya saja meningkatkan konsentrasi, menurunkan tingkat stres, dan masih banyak lagi. Dengan menerapkannya diharapkan pekerjaan bisa terselesaikan lebih baik.

Menjalin komunikasi dengan rekan kantor

Tips tingkatkan produktivitas WFH berikutnya adalah tetap melakukan atau menjalin komunikasi dengan rekan kantor yang lain. Jangan salah, hal tersebut akan sangat membantu dalam meningkatkan produktivitas karena bisa bertukar informasi atau ide menarik lain yang mungkin tidak anda pikirkan.

Apabila Anda suka untuk bertukar ide dengan rekan kerja yang lain, manfaatkan teknologi yang ada seperti instant messaging atau chatting dan meeting online untuk tetap bisa berkomunikasi selayaknya di kantor. Dengan melakukan hal tersebut maka Anda dan rekan kerja tetap bisa berkolaborasi dan juga produktif walaupun bekerja di rumah.

tempat kerja yang nyaman dan jaringan internet yang aman

Tips tingkatkan produktivitas WFH akan sangat penting dan memberikan pengaruh cukup besar, apalagi kalau bukan tempat kerja dan jaringan internet. Suasana tempat bekerja nyaman memberikan pengaruh untuk meningkatkan produktivitas kerja. Karena hal itu, pastikan juga Anda memilih tempat kerja yang nyaman ketika work from home karena ini sangat penting untuk dilakukan. Tempat kerja yang nyaman akan mempengaruhi mood bekerja Anda selama satu hari penuh.

Walau kerja di rumah, pilih atau gunakan ruangan yang minim gangguan sekaligus nyaman dengan segala dukungannya. Selain itu, pastikan pula jaringan internet bekerja dengan normal. Internet tentu juga memberikan pengaruh yang besar saat wfh, apabila jaringan internet jelek maka akan menghambat kinerja.

Komunikasi dengan keluarga

Tips tingkatkan produktivitas WFH selanjutnya adalah menjalin komunikasi dengan keluarga lain. Apabila Anda sudah menikah dan memiliki seorang anak, melakukan komunikasi dengan keluarga lain ketika work from home adalah sesuatu yang sangatlah penting. Bisa jadi anak anda akan merasa kalau anda sedang libur bekerja. Komunikasi ini berfungsi untuk anak-anak tidak memberikan gangguan saat kita bekerja.

Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menyiapkan beberapa permainan atau film untuk membuat anak tidak mengganggu Anda ketika bekerja di rumah. Kalau memungkinkan, minta juga bantuan orang lain atau bisa juga pengasuh untuk menjaga anak ketika Anda bekerja di rumah.

Matikan notifikasi aplikasi dan media sosial

Tips tingkatkan produktivitas WFH berikut ini mungkin tidak disadari kalau memberikan dampak besar. Anda memang harus tetap terkoneksi dengan rekan kerja ketika jam kerja. Termasuk untuk mendapatkan notifikasi yang berhubungan dengan pekerjaan.

Tapi, akan sangat lebih baik kalau anda hanya melihat notifikasi yang berhubungan dengan pekerjaan saja. Jangan salah, banyak kok orang yang akhirnya tidak bisa fokus bekerja karena banyaknya notifikasi dari sosial media lain. Maka, lebih baik untuk mematikan notifikasi yang tidak perlu saat bekerja.

Nah, itulah beberapa Tips tingkatkan produktivitas WFH yang sangat penting untuk dilakukan. Selamat mencoba dan semoga bisa membantu anda saat bekerja di rumah. Jangan lupa juga untuk memberikan informasi ini kepada rekan kerja anda yang lain.

close popup
join the club
Isi data dibawah ini untuk panduan terkini hidup Santai Tapi Berisi!